Toyota dan Suzuki Saling Berkolaborasi

Toyota dan Suzuki berencana untuk meluncurkan SUV listrik terkecil mereka pada 2025.

2023-10-04 17:01:41 - Boggy

Toyota dan Suzuki dikabarkan sedang menggarap SUV listrik terkecil dalam lini bZ (beyond zero) Toyota, yang rencananya akan diluncurkan pada 2025. Model ini kemungkinan besar adalah versi produksi dari konsep bZ Small Crossover yang diperlihatkan Toyota pada Desember 2021 silam.

Kedua perusahaan ini sebenarnya sudah dikenal memiliki kemitraan erat dalam hal pertukaran teknologi. Beberapa hasil kolaborasi mereka sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah, seperti Eropa, India, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara.

Lalu, bagaimana dengan kolaborasi terbaru ini? Simak terus untuk tahu detail dan bocoran 'bayi' baru hasil kolaborasi Toyota dan Suzuki.

Prototipe SUV Hasil Kolaborasi Toyota dan Suzuki

Konsep bZ Small Crossover ditampilkan dalam bentuk gambar digital dan prototipe statis berukuran penuh dengan kaca gelap, menandakan bahwa model ini akan menjadi anggota terkecil dari keluarga EV Toyota.

Bocoran Ukuran Baby BZ SUV

Toyota menyebutkan bahwa model ini menggunakan platform eTNGA dan memiliki target konsumsi daya 125 Wh/km. Ukuran konsep ini diperkirakan berada di antara Toyota Aygo X dengan panjang 3.700 mm (145,7 inci) dan Toyota Yaris Cross dengan panjang 4.180 mm (164,6 inci), meskipun belum ada konfirmasi resmi.

Jadwal Peluncuran

SUV listrik terkecil Toyota ini akan meluncur bersamaan dengan Suzuki eVX, yang juga merupakan hasil kerjasama kedua perusahaan. Namun, Suzuki eVX kemungkinan akan lebih besar karena konsepnya memiliki panjang 4.300 mm (169,3 inci). Suzuki juga akan membuat versi EV-nya sendiri dari model ini, tidak hanya untuk Jepang, tetapi juga untuk pasar lain seperti India.

Pesaing Potensial

Beberapa pesaing potensial di segmen ini adalah Hyundai Casper EV dan VW ID.1 yang sangat ditunggu-tunggu, yang dijadwalkan meluncur pada 2026.

Target Pasar

Menurut laporan media Jepang Best Car, Toyota ingin mengejar pasar EV kecil di Jepang, tetapi juga berencana untuk menjual mobil ini secara global, termasuk Eropa. Suzuki dipilih sebagai mitra pengembangan karena pengalaman dan keahliannya dalam membuat mobil kecil.

Akhir Kata

Toyota dan Suzuki berencana untuk meluncurkan SUV listrik terkecil mereka pada 2025. Model ini, kabarnya, didasarkan pada konsep bZ Small Crossover. Mobil mungil ini rencananya akan dipasarkan secara global, bukan hanya Jepang saja.

Postingan Lainnya