Yakin!? Masih Tetap Mau Pakai Blog Gratisan?

Blogging

2018-09-05 03:18:42 - Bian

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi tentang seputaran pengalaman awal mula blogging.

Bianity.Net, Jakarta - Singkat cerita saja, saya mulai mengenal dunia internet pada tahun 2004. Tahun 2006 mulai tertarik main internet, dan mencoba main media sosial yaitu: Friendster. Lalu ditahun 2007 main Facebook dan main YouTube.

Karena saking penasaran ingin lebih dalam belajar dunia internet, mulailah dipertengahan tahun 2007 main blogspot, tapi, tidak lama (hanya bertahan 1 tahunan), beralih belajar hacking, namun kenyataannya tidak bertahan lama juga karena sangat rumit belajar hacking pada saat itu.

Awal mula mulai mengenal blog

Pada masanya tahun 2007 atau 2008 blogdetik.detik.com atau blogdetik.com adalah situs layanan blog gratis.

Banyak digunakan oleh pengguna blogger indonesia, terkhusus domnian pengguna paling terbanyak daerah bandung jabar (jawa barat), cianjursukabumi atau seputaran jabar (jawa barat) saat itu.

Sampai tahun 2016 atau 2017, blogdetik.detik.com atau blogdetik.com memberhentikan layanan multi blognya. Dengan alasan tak kuat menampung resource dan bandwith servernya. Akhirnya di tutup secara permanen hingga sekarang.

Padahal pada masanya layanan multi blog gratis tersebut cukup bagus dan penggunanya sudah banyak, bisa di bilang, pengguna yang yang terdaftar mencapai di angka 700 ribu anggota yang terdaftar di blogdetik.

Akhirnya saya memutuskan diri untuk berpindah dan mencari blog gratisan selain blogspot. Dan akhinya saya menemukan situs gratisan multi blog luar negeri yaitu: multiply.com, dan olx.co.id, dan tidak lama kemudian selang 1 tahun, ehhh ditendang juga, karena dibeli oleh perusahaan tokobagus.com atau OLX.co.id (cape+cape sudah buat design, postingan dll).

Sebenarnya pada tahun 2008 saya sudah mempunyai domain dan hosting dengan harga yang cukup murah pada saat itu. Harganya pun terbilang cukup murah, 1 tahun hanya 250 ribu dan harga domain ext .com pun masih sangat murah di tahun 2008.Harga perdomainnya hanya 60 ribu'an.

Dan saya masih ingat betul, hosting yang saya sewa dari situs klikhost.com. Lucunya, sudah sewa hosting di anggurin begitu saja, nggak tau di apain ini hosting (karena memang bener+bener gaptek banget dan nggak ngerti mau diapain hosting ini pada saat itu). The end: domain dan hosting selama 1 tahun sia+sia tidak saya pakai.

Kemudian saya mulai berubah pikiran lagi yaitu: TAKUT DI TENDANG LAGI.

Dan akhirnya dari sanalah saya mulai berniat lagi untuk mengubah pikiran secara mandiri, satu+satunya adalah membeli domain dan menyewa hosting lagi biar nggak di usir terus oleh tuan rumahnya.

Dan.... sampai sekarang saya menggunakan blog secara mandiri dengan membeli domain dan menyewa hosting setiap setahun sekali. Dan sekarang saya bebas mengelola web sesuka hati, dan tidak ada Istilah kata USIR lagi.

Eitsss tunggu dulu, (boleh bebas, akan tetapi tetap mengikuti aturan kebijakan google). Karena kalau blogmu melanggar, akan mendapatkan peringatan bahkan jika pelanggarannya diluar kebijakan google, sudah pasti akan di Take Down Permanen. Maka dari itu, setialah pada aturan dan kebijakan google yang ada.

Kesimpulannya adalah

Resiko numpang di multiblog gratisan milik orang lain, sewaktu+waktu pasti akan ditendang juga. rasanya DITENDANG itu SAKITNYA DISINI "sangat NYESEK bro". Percayalah Bro, DITENDANG itu MENYAKITKAN!

Ada kemungkinan besar, blogspot pun akan ditutup, kenapa bisa begitu??? kita ambil contoh yang sudah terjadi saja. Platform plus.google.com adalah milik perusahaan googlePlus.google.com (google plus) pada tahun 2007+2018 ramai sekali dan banyak digunakan oleh blogger+blogger dunia bahkan yang bukan anggota blogger sekalipun banyak menggunakannya.

Namun perusahaan google sudah meniatkan untuk memutuskan dan mengakhiri layanan google plus pada tahun 2017. Alasan penutupan tersebut, info selengkapnya bisa Agan cari tahu di Internet.

Poin terakhir

Berjaga+jaga dan antisipasi itu harus bray.

Dan mulailah dari sekarang untuk membeli domain dan menyewa hosting. Bagi yang sudah memiliki domain, tinggal sewa hosting. Harga bervariasi dan relatif cukup murah, tergantung kebutuhan dan layanan hosting, karena harga bisa berbeda+beda di setiap layanan hosting.

Itulah perjalanan awal mula saya di dunia blogging, dan allhamduullillah sudah menghasilkan ratusan juta perbulan hingga sekarang di tahun 2022. Blog saya bukan hanya ini saja, namun banyak blog+blog lainnya yang saya kelola.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan curhatan saya. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan postingan saya ini jika dirasa bermanfaat.

Postingan Lainnya