10 Cara Untuk Mencari Ide Dalam Menulis

Blogging

2019-02-05 03:18:42 - Fakhri

Mencari ide atau mendapakatkan ide memang rada susah dan membingungkan. Yuk simak!

Bianity - Mencari ide dari sebuah artikel yang akan kita tulis kadang sangat membosankan, dan susah mendapat ide+ide yang bagus untuk dijadikan ide artikel.

Namun dengan beberapa hal dibawah ini akan dapat membantu kalian untuk mendapatkan ide yang fresh.

Dan sebenarnya menemukan ide pada sebuah artikel itu tidak sulit, namun kalian harus tahu dimana kalian harus mencarinya. Dengan begitu akn sangat mudah untuk mencari sebuah ide.

Mencari Ide Dalam Menulis

Nah berikut adalah beberapa hal yang dapat kalian contoh untuk mendapatkan sebuah ide dalam menulis artikel.

Semoga artikel tentang Mencari Ide Dalam Menulis dapat membantu kalian dalam menemukan ide.

Kalian dapat memilih salah satu atau dapat mencobanya satu per satu, simak beberapa contoh berikut.

1. Berita Penting

Kadang banyak orang yang jarang menulis tentang berita penting yang sedang terjadi.

Dan kebanyakan yang menulis hal tersebut adalah media seperti, kompas,tribun,dll.

Namun kadang menulis sebuah artikel penting atau artikel yang beguna untuk banyak orang.

Seperti dengan Prakerja misalnya, banyak blogger yang mendapatkan banyak traffick dari artikel yang mereka tulis tentang prakerja.Dan menurut masyarakat artikel prakerja seperti ini sangat penting.

2. Isi Curahan Hati

Kadang hati juga bisa berbicara, dan kadang apa yang keluar dari hati bisa menjadi sebuah karya yang mungkin akan bermakna bagi oranglain.

Sudah banyak contoh yang dapat kalian lihat, seperti puisi, lagu, perjalanan hidup dll.

Jadi jika memang mencurahkan isi hati dapat membantu kalian untuk mendapatkan ide dalam menulis kenapa tidak.

Banyak kok peminat cerita yang berasal dari sebuah curaha isi hati seseorang, dan orang lebih resepect dengan hal seperti itu.

3. Google Trends

Google trends adalah hal yang sering digunakan untuk media+media besar untuk menulis sebuah artikel.

Apalagi kalian adalah seorang penulis portal berita, maka mencari ide gagasan di google trends sangat membantu.

Meskipun menulis artikel trend untuk blogger baru sangat kecil untuk mendapatkan posisi di google, namun dengan giat dan kerja keras maka semua itu akan mungkin.

Jadi jika kalian masih bingung cobalah untuk mengunjungi google trend untuk mendapatkan berbagai info menarik dari indonesia maupun dari luar negeri.

4. Referensi Buku

Jika kalian mempunyai sebuah buku yang dapat dijadikan sebagai referensi, maka itu akan sangat membantu kalian dalam menulis.

Menulis dengan bantuan referensi buku akan sangat mudah, karena kalian tinggal menulis dengan mengikuti alur dari bukunya.

Meskipun menulis dari buku butuh yang namanya imajinasi kalian, pekerjaan ini bisa dibilang menulis ulang sebuah buku dengan imanjinasi kita sendiri.

5. Google Hub Question

Mungkin Google Hub adalah cara yang paling sering digunakan , karena dengan bantuan googlehub ini kalian bisa mendapatkan ide dari pertanyaan orang lain.

Jadi orang lain akan bertanya, dan kalian hanya perlu membuat artikel berdasarkan pertanyaan yang diberikan tadi.

Contoh orang akan bertanya "resep memasak nasi padang" dan kalian sudah mendapatkan ide tetang resep memasak nasi padang. Dan kalian hanya perlu untuk menuliskan artikelnya saja.

Maka menulis dengan menggunakan googlehub ini sangat menyenangkan, dan kalian bisa memilih topik atau niche yang kalian target, dengan sendirinya pertanyaannya akan muncul.

6. Uber Suggest

Tools yang dibuat oleh Neilpatel ini sangat berguna untuk melakukan banyak hal dalam membantu kalian dalam mengelola sebuah website.

Tak terkecuali dengan penulisan sebuah artikel.

Jadi kalian dapat menemukan berbagai ide dengan menggunakan tools ini, kalian dapat menggunakan secara gratis atau berbayar.

Namun jika kalian memang serius untuk menggunakannya, cobalah untuk menggunakan versi yang berbayar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

7. Ide Orang Lain

Kadang mengambil ide orang lain menjadi sebuah jalan keluar untuk mendapatkan sebuah ide dalam menulis.

Namun terkadang kita harus melakukan peningkatan kualitas dalam artikel yang kita tulis, agar layak berada di posisi yang pertama.

Jika si kompetitor hanya mampu menulis 100 kata, maka kita harus menulis dengan jumlah 2 kali lipat atau 300 kata misalnya.

Jika si kompetitor hanya bisa ABCD, maka kita harus bisa ABCDEFGH maka ide yang kita ambil itupun tidak sia+sia.

8. Forum Tanya Jawab

Banyak hal yang kalian akan dapatkan dari forum tanya jawab yang ada di internet, dan bahkan dapat mendapatkan sebuah ide menulis dari forum tersebut.

Kalian pernah melihat orang memperbincangkan beberapa hal di sebuah forum?. Nah ini adalah kesempatan kalian untuk mendapatkan ide dan sekaligus pengunjung.

Ingat buatlah konten yang sesuai dengan pertanyaan, dan usahakan membuat artikel yang lengkap, dan terstruktur dengan baik.

9. Youtube Coment

Kadang agak terdengar aneh, bagaimana mungking mendapatkan ide menulis dari sebuah komen youtube?.

Nah jika kalian pernah memerhatikan sebuah chanel, di kolom komentarnya kalian pasti pernah melihat orang bertanya bukan.

Nah ini yang menjadi hal yang harus kalian manfaatkan, dan perhatikan juga berapa banyak orang yang menyukai komen tersebut.

Karena jika banyak orang menyukai komentar tersebut, maka dipastikan pertanyaan dari orang tersebut sangat banyak dipertanyakan oleh orang lain.

10. Minta Masukan Orang Lain

Nah jika kalian mempunyai sebuah media social seperti facebook maka kalian dapat menggunakannya untuk meminta pendapat orang lain.

Cobalah tanyakan dan minta masukan dari mereka.

Apalagi kalian mempunyai grup atau halaman fanspage maka akan semakin mudah lagi untuk mencari ide tulisan.

Meskipun rada ribet, ya tapi gimana lagi. Dari pada kalian cape mikirin ide mending minta masukan dari orang lain bukan.

Postingan Lainnya