10 Dasar Pembuatan Artikel Pilar Untuk SEO Lebih Maksimal
Bersihkan | 0 | Bersihkan

sebarin
Bobby 1 tahun yang lalu

10 Dasar Pembuatan Artikel Pilar Untuk SEO Lebih Maksimal

SEO & Backlink

+ Pengumuman! - Pengumuman!

Ada Info Nich!

Hai Gansis! 🧑‍🦱🧑‍🦰 Yuk coba seru-seruan bareng komunitas dengan menggunakan asisten AI cerdas. Caranya sangat mudah, cukup dengan memberikan tagar dan mention [#tagargpt & @balasgpt] pada balasan Agan dan Sista di sini.

Belum punya akun? 👉 daftar 👈

25 Fitur Terbaru: Kuis AI, Pelajaran Sekolah AI, Latihan Soal AI, Jawaban Soal AI dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.


Hanya pengguna VIP yang sudah terdaftar dan memiliki akun lencana terverifikasi .


Intermezzo telah memperbaharui pada: 13:21:47 - 25/08/2023




Pegertian artikel pilar dan beberapa hal penting dalam cara pembuatan artikel pilar agar hasil maksimal dalam optimasi SEO yang perlu diperhatikan.

Bianity - Pada saat sekolah dulu pasti Agan sudah mendengar materi artikel pilar, itu kalau Agan gak suka bolos. Ternyata cara pembuatan artikel pilar juga bisa digunakan dalam penulisan artikel sebuah blog atau situs untuk memaksimalkan SEO, bisa dibilang dalam relevansi terhadap search engine menjadi lebih maksimal lagi. Kemudian dalam penulisan sebuah artikel ada perbedaan besar antara jenis ini dengan penulisan bebas atau biasa, saya akan coba ulas satu per satu pada artikel kali ini.

Sebelumnya saya sudah menulis materi cara membuat artikel seo friendly, kalau dipadukan dengan materi kali ini saya rasa akan lebih mantap hasilnya. Seperti halnya menyuguhkan sebuah hidangan, artikel pilar adalah artikel yang memberikan kepuasan yang mendalam hingga klimaks, pembahasan yang detail dengan menyertakan beberapa artikel dan sumber pendukung. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan artikel pilar, tentunya ini setahu saya ya, kalau menurut Agan salah jangan ditiru.

10 Dasar Pembuatan Artikel Pilar Untuk SEO Lebih Maksimal

1. Jenis Konten Jangka Panjang

Yang pertama adalah pembahasan dalam artikel itu sendiri. Artikel pilar adalah artikel yang membahas sesuatu yang bisa dipakai sampai kapanpun, atau artikel utama yang mewakili keseluruhan isi sebuah blog. Jadi sampai kapanpun artikel ini bisa digunakan. Misalkan saja kita membuat sebuah panduan, tutorial, pengertian, ilmu pengetahuan, hal+hal seperti itu bisa menjadi artikel pilar. Kemudian seperti kejadian peristiwa, berita viral dan sejenisnya itu tidak bisa seperti artikel pilar karena sifatnya hanya musiman.

Jadi kalau Agan ingin membuat sebuah artikel pilar yang menjadi Aganlan Agan sebagai mesin penarik visitor jangka Panjang, coba fikirkan sebuah konten yang bisa dipakai kapanpun terlebih dahulu. Tentu saja dengan menyesuaikan niche blog yang dimiliki agar lebih maksimal dalam pengaitan antar artikel.

2. Pembahasan Hingga Spesifik

Yang kedua adalah pembahasan yang spesifik, ada beberapa unsur pembahasan sekaligus dalam sebuah artikel pilar. Agan bisa menggunakan rumus 5w+1h, mulai dari pengertian, jenis+jenis. Cara pengerjaan, penjelasan manfaat, dan butir+butir penjelasan pendukung. Ibarat makan bakso semangkuk itu dihabiskan bersih hingga kuah tetes terakhir, itu adalah salah satu ciri dari artikel pilar.

Tentu saja ini akan memakan waktu yang lebih dalam pengerjaan karena Agan sendiri juga harus memahami detail materi tersebut. Karena hanya dengan memahami detail materi tersebut Agan bisa bisa memberikan penjelasan yang mudah diterima visitor dan lebih mendalam tentunya.

3. Menyertakan Sumber Terpercaya

Di dalam pembahasan atau pembuatan artikel jenis ini, penyertaan sumber adalah hal yang penting. Dimana ini bisa membuat kepercayan visitor terhadap apa yang kita sampaikan dalam artikel. Apalagi untuk jenis+jenis artikel yang riskan misalkan bahas masalah kesehatan, investasi aman dan sejenisnya, kalau salah ngasih tips kesehatan bisa bunuh orang kemudian dituntut bukan.

Selain menambah kepercayaan, dengan adanya link sumber juga akan mempekuat SEO karena ada keterkaitan dengan situs yang terpercaya.

4. Memberikan Rujukan Pada Beberapa Artikel Pendukung

Didalam sebuah artikel pilar akan ada rujukan pada artikel+artikel penjelas atau artikel pendukung. Agan bisa menyisipkan sebuah link dalam kata di artikel atau bisa menggunakan “baca juga” , “related post”, “selengkapnya” atau cara+cara lain yang merujuk pada artikel yang masih relevan. Ini akan lebih mudah jika Agan membuat sebuah situs dengan pembahasan 1 niche dan didalamnya membahas tuntas niche tersebut. Namun kalau niche blog campuran, ya minimal buatlah beberapa artikel lain yang masih relevan sebagai artikel pendukung.

5. Susunan Judul Dan Paragraf Mengkrucut

Penggunaan judul dan paragraph penjelas menjadi unsur yang penting dalam pembuatan artikel pilar, jadi mulai dari judul utama, sub judul dan juga masing+masing pembahasan susunlah secara rundown yang baik. Agan bisa memanfaatkan fungsi heading tentunya. Manfaat dari point kelima ini selain menjadi lebih jelas untuk visitor juga berguna untuk memaksimalkan SEO On+page, buat yang masih mulai belajar SEO simak dulu materi Belajar SEO Pemula.

6. Mengandung Banyak Kata Dan Berbobot

Artikel pilar adalah artikel yang kaya akan kata, tidak hanya banyak namun juga memiliki penjelasan secara menyeluruh. Tidak heran jika Agan melihat banyak artikel di page one google, mereka bahkan menulis 1000 hingga 3000 kata. Karena memang penjelasan mereka sangat mendetail mulai dari pengertian, cara, penjelasan dan hingga ke hal yang spesifik. Kalau menurut saya sih gak harus 3000 juga yang penting tuntas saja pembahasan di dalamnya.

7. Tidak Menimbulkan Pertanyaan Lain

Seperti yang sudah saya singgung dalam point sebelumnya bahwa artikel jenis ini adalah artikel yang membahas secara tuntas. Dengan artian tidak lagi menimbulkan banyak pertanyaan. Makanya tidak heran kalau si pembuatan artikel pilar ini akan membuat draft dan riset, karena memang untuk mencukupi seluruh pertanyaan yang mungkin timbul dalam materi yang disampaikan.

8. Menyertakan Gambar Dan Grafik Penjelas

Artikel pilar akan menyertakan gambar atau item lain sebagai penjelas, kadang menyisipkan sebuah grafik atau bahkan video. Ini juga akan memuaskan visitor, selain jadi tidak membosankan, juga bisa memberikan pembahasan yang sangat gamblang. Mungkin pada tahapan ini kita bisa mengambil gambar yang bebas hak cipta atau beberapa gambar dengan mencantumkan refrensi, bisa juga mengambil sebuah link video dari youtube sebagai penjelas dalam artikel.

9. Memaksimalkan Seluruh Tools Struktur Penulisan

Saya sendiri juga masih belajar untuk tahapan yang ke Sembilan ini. Penggunaan seluruh tools butuh pemahaman dan juga kreatifitas, misalkan saja huruf bolf, huruf miring, berwarna, kemudian kombinasi model huruf dan lain+lain. Ya minimal seperti point diatas tadi, gunakan fungsi heading biar lebih jelas. Kemudian sesuaikan juga kombinasi dengan jumlah kata, kalau katanya sedikit telalu banyak kombinasi nanti jadinya malah overdosis.

10. Mengandung Beberapa Kata Kunci

Point yang kesepuluh adalah menargetkan beberapa kata kunci sekaligus. Mungkin mulai dari pengertian, cara, manfaat, contoh, dan lainnya. Tentu saja setiap kata kunci ada paragraf penjelasan yang memadi. Untuk mendapatkan kata kunci tersebut seperti biasa bisa melakukan riset pada tools untuk riset keyword biar lebih tepat sasaran tentunya.

Tipsnya buat blogger baru jangan suka mengambil kata kunci dengan volume pesaingan tinggi, kadang melihat search volume tinggi kemudian kata kunci itu diambil, gak tahunya competitor adalah situs gajah semua, akhirnya tenggelam entah kemana artikel di hasil penelusuran.

Apakah Setelah Membuat Artikel Pilar Bisa Page One?

Pasti akan ada pertanyaan yang satu ini. Kalau bicara mengenai page one, masih banyak faktor lain gan. Dari segi kompetitor, dari segi authority domain, dari segi pengunjung yang masuk, dari segi optimasi lainnya juga. Dan semuanya itu saling berkaitan atau saling mendukung. Ini juga sudah saya buktikan dengan menulis di salah satu situs authority atau DA diatas 30 bisa page one dan di blog saya yang baru jusru melesat di page 5, padahal pembahasan dan cara penulisan sama, bahkan saya dulukan yang di blog saya.

Demikian pembahasan saya mengenai cara pembuatan artikel pilar, mudah+mudahan bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Agan.

Baca artikel dan berita menarik dari Bianity lainnya di Google News.

Baca juga artikel seputar seo-backlink, atau artikel menarik lainnya dari Bobby.

Artikel ini telah berhasil ditayangkan sekitar: 1 tahun yang lalu. Bagaimana menurutmu gengs? apakah kamu menyukai tulisan artikel dari Bobby? jika kamu menyukai artikel ini, silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya gengs.

Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ke medsos atau langsung klik "sebarin" ya gengs! 🫰.

×
Promosi Via Guest Post!

Buat Agan & Sista jika ingin mempromosikan produk bisnismu melalui tulisan (guest post-content placement), silahkan baca terlebih dahulu tentang aturan dan kebijakan guest post 👉 di sini 👈


+ Tim Editor - Tim Editor

Artikel dengan judul "10 Dasar Pembuatan Artikel Pilar Untuk SEO Lebih Maksimal", telah berhasil dimoderasi dan lolos ditayangkan oleh tim editor.

@Derry @Borneo @Intermezzo

+ Kode Komentar - Kode Komentar

Menulis dalam syntax Tebal gunakan <strong>Bold</strong>.

Menulis dalam syntax Menggarisbawahi gunakan <u>Underline</u>.

Menulis dalam syntax Mencoret gunakan <s>Strikethrough</s>.

Menulis dalam syntax Miring gunakan <em>Emphasized</em>.

Menyisipkan tautan Link aktif gunakan tag <a href="Link" rel="dofollow">Judul</a>.

0
42.9K
Peringatan
Aturan Komentar

Dilarang mengirimkan pesan promosi, link, spam dsbg. Namun jika ingin menyisipkan link (promosi), silahkan pergi kehalaman hubungi moderator kami. Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik yang ada. Untuk informasi selengkapnya, silahkan baca aturan di sini.

[🕶️]
Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google AdSense

Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google AdSense

iconpengguna.png
Nando
2 tahun yang lalu
Arti Kata Rungkad Dalam Bahasa Sunda

Arti Kata Rungkad Dalam Bahasa Sunda

iconpengguna.png
Iqbal
8 bulan yang lalu
7 Situs Beli Template Blog Premium Terpercaya Indonesia Update 2023

7 Situs Beli Template Blog Premium Terpercaya Indonesia Update 2023

iconpengguna.png
Noersam
3 tahun yang lalu
10 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

10 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

1698170241.jpg
Delia
9 bulan yang lalu
Kata-Kata Mutiara Tentang Kehidupan, Islami, Lucu, Romantis

Kata-Kata Mutiara Tentang Kehidupan, Islami, Lucu, Romantis

iconpengguna.png
Boggy
1 tahun yang lalu

Generasi Bangsa Adalah Generasi Ruang Informasi Sebagai Pembawa Pesan

ᴀʟʟ ᴀʙᴏᴜᴛ ᴛʜᴇ ɢʀᴇᴀᴛ ᴊᴏᴜʀɴᴇʏ ᴏꜰ ꜱᴛᴏʀʏ

Φʀᴜᴀɴɢ ᴋᴏᴍᴜɴɪᴛᴀꜱ ʙʟᴏɢɢᴇʀ ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀΦ
#ᴏɴʟɪɴᴇᴛᴀɴᴘᴀʙᴀᴛᴀꜱ

Jumlah Member Saat Ini: 👫114,725🧑‍🤝‍🧑

Framework & Designer



♥ The Maker & Build With ♥


©2007-2023 Bianity | Version PHP 8.2

• • •