Tren Investasi Asing di Tahun Politik
Bersihkan | 0 | Bersihkan

sebarin
Mahesa 5 bulan yang lalu
mahesa #bisnis

Tren Investasi Asing di Tahun Politik

Langkah-langkah konkret dalam menjaga stabilitas politik, seperti mendorong dialog dan kerjasama antara pihak-pihak politik.

+ Pengumuman! - Pengumuman!

Ada Info Nich!

Hai Gansis! 🧑‍🦱🧑‍🦰 Yuk coba seru-seruan bareng komunitas dengan menggunakan asisten AI cerdas. Caranya sangat mudah, cukup dengan memberikan tagar dan mention [#tagargpt & @balasgpt] pada balasan Agan dan Sista di sini.

Belum punya akun? 👉 daftar 👈

25 Fitur Terbaru: Kuis AI, Pelajaran Sekolah AI, Latihan Soal AI, Jawaban Soal AI dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.


Hanya pengguna VIP yang sudah terdaftar dan memiliki akun lencana terverifikasi .


Intermezzo telah memperbaharui pada: 13:21:47 - 25/08/2023




Tahun politik seringkali mempengaruhi tren investasi asing di suatu negara. Begitu juga halnya dengan Indonesia, di mana saat menjelang pemilihan presiden pada tahun 2024, para investor asing cenderung menahan diri dan melihat situasi politik yang sedang berkembang sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Hal ini bisa terlihat dari tren investasi asing sejak Pemilu 2004 hingga 2019, di mana para investor asing lebih memilih untuk melakukan "wait and see".

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, menyatakan bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun yang berat bagi investasi karena masuk dalam tahun politik menuju Pilpres 2024. Dia menegaskan bahwa investor asing akan bersifat hati-hati dan menunggu kepastian perkembangan politik serta arah kebijakan pemimpin berikutnya sebelum melakukan investasi. Namun demikian, Bahlil meyakini bahwa perlambatan ini hanya bersifat sementara dan target investasi nasional senilai Rp 1.650 triliun tahun depan masih bisa tercapai.

Di sisi lain, Head of Macroeconomic & Financial Market Research Bank Mandiri, Dian Ayu Yustina, juga menyatakan bahwa investor cenderung berhati-hati dalam meletakkan investasi saat tahun politik. Namun, jika Indonesia dapat menjaga stabilitas politik, investasi dalam negeri tetap dapat terkendali. Hal ini menunjukkan bahwa investor memiliki kepercayaan terhadap stabilitas politik yang kondusif dan kemampuan Indonesia dalam mempertahankan daya tahan investasi.

Meski begitu, perlu diingat bahwa investasi dalam negeri tetap menjadi faktor kunci dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di tengah tahun politik. Yuliot, seorang pengamat ekonomi, menyatakan bahwa kita perlu mengandalkan investasi dalam negeri yang telah lebih terbiasa dengan dinamika politik di Indonesia. Investasi dalam negeri memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap fluktuasi politik, sehingga tetap dapat berjalan baik meskipun di tengah situasi politik yang menantang.

Dalam hal ini, pemerintah perlu memastikan stabilitas politik agar investasi asing dan dalam negeri tetap terjaga. Langkah-langkah konkret dalam menjaga stabilitas politik, seperti mendorong dialog dan kerjasama antara pihak-pihak politik, dapat meningkatkan kepercayaan investor dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya stabilitas politik yang kondusif, diharapkan tren investasi asing dan dalam negeri di tahun politik 2024 tetap dapat berjalan baik, sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga.

Baca artikel dan berita menarik dari Bianity lainnya di Google News.

Baca juga artikel seputar bisnis, atau artikel menarik lainnya dari Mahesa.

Artikel ini telah berhasil ditayangkan sekitar: 5 bulan yang lalu. Bagaimana menurutmu gengs? apakah kamu menyukai tulisan artikel dari Mahesa? jika kamu menyukai artikel ini, silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya gengs.

Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ke medsos atau langsung klik "sebarin" ya gengs! 🫰.

×
Promosi Via Guest Post!

Buat Agan & Sista jika ingin mempromosikan produk bisnismu melalui tulisan (guest post-content placement), silahkan baca terlebih dahulu tentang aturan dan kebijakan guest post 👉 di sini 👈


+ Tim Editor - Tim Editor

Artikel dengan judul "Tren Investasi Asing di Tahun Politik", telah berhasil dimoderasi dan lolos ditayangkan oleh tim editor.

@Derry @Borneo @Intermezzo

+ Kode Komentar - Kode Komentar

Menulis dalam syntax Tebal gunakan <strong>Bold</strong>.

Menulis dalam syntax Menggarisbawahi gunakan <u>Underline</u>.

Menulis dalam syntax Mencoret gunakan <s>Strikethrough</s>.

Menulis dalam syntax Miring gunakan <em>Emphasized</em>.

Menyisipkan tautan Link aktif gunakan tag <a href="Link" rel="dofollow">Judul</a>.

0
3.4K
Peringatan
Aturan Komentar

Dilarang mengirimkan pesan promosi, link, spam dsbg. Namun jika ingin menyisipkan link (promosi), silahkan pergi kehalaman hubungi moderator kami. Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik yang ada. Untuk informasi selengkapnya, silahkan baca aturan di sini.

[🕶️]
Harga Mobil Mercedes Benz CLA-Class Beserta Spesifikasinya

Harga Mobil Mercedes Benz CLA-Class Beserta Spesifikasinya

iconpengguna.png
Brandon
5 bulan yang lalu
Dibalik Dunia Internet Marketing (IM)

Dibalik Dunia Internet Marketing (IM)

iconpengguna.png
Noersam
1 tahun yang lalu
Surat Cerai Untuk Starla

Surat Cerai Untuk Starla

1691629906.jpg
Veronica
11 bulan yang lalu
Tentang Aplikasi Threads Instagram Serta Kegunaannya

Tentang Aplikasi Threads Instagram Serta Kegunaannya

iconpengguna.png
Tio
9 bulan yang lalu
Cara Saya Berhasil Menjadi Orang Kaya

Cara Saya Berhasil Menjadi Orang Kaya

iconpengguna.png
Boggy
8 bulan yang lalu

Generasi Bangsa Adalah Generasi Ruang Informasi Sebagai Pembawa Pesan

ᴀʟʟ ᴀʙᴏᴜᴛ ᴛʜᴇ ɢʀᴇᴀᴛ ᴊᴏᴜʀɴᴇʏ ᴏꜰ ꜱᴛᴏʀʏ

Φʀᴜᴀɴɢ ᴋᴏᴍᴜɴɪᴛᴀꜱ ʙʟᴏɢɢᴇʀ ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀΦ
#ᴏɴʟɪɴᴇᴛᴀɴᴘᴀʙᴀᴛᴀꜱ

Jumlah Member Saat Ini: 👫114,725🧑‍🤝‍🧑

Framework & Designer



♥ The Maker & Build With ♥


©2007-2023 Bianity | Version PHP 8.2

• • •