Kelayakan Sebuah Blog Yang Bisa Diterima Google Adsense

Google AdSense

2020-10-05 03:21:36 - Cakrawala

Bianity.Net - Kelayakan Sebuah Blog Agar Diterima Google Adsense. Jika Agan adalah seorang blogger pemula yang mulai terjun dalam dunia blog, mungkin Agan bakalan punya pertanyaan seperti ini terkait pengajuan monetisasi adsense :

  1. Kira+kira blog sudah bisa diajukan adsense atau belum?
  2. Blog saya kalau diajukan adsense diterima gak ya?
  3. Berapa sih syarat visitor untuk diterima adsense?
  4. Berapa artikel biar bisa diterima adsense?
  5. Kemudian tema apa saja sih yang mudah diterima google adsense?
  6. Berapa lama peninjauan monetisasi?

Pertanyaan2 diatas adalah beberapa pertanyaan yang sering saya lihat pada teman2 yang mulai terjun dalam dunia blogger. Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu dari pertanyaan diatas sesuai dengan pengalaman saya selama ini.

Saya juga masih terus belajar ya. Saya mengelola beberapa blog dan beberapa diataranya sudah bisa diterima adsense, salah satunya adalah blog tifani yang dikelola adik saya sekarang yang saya uji coba baru+baru ini dengan teknik saya dan berhasil diterima google adsense.

Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Pengajuan Monetisasi

Bagaimana Prinsip Google Adsense?

Google adsense adalah media periklanan online yang sangat selektif dalam memfilter iklan yang akan dipasang maupun dalam memilih publisher nya. Tentunya ada beberapa syarat mereka tetapkan guna menjaga kualitas komunitasnya. Selain itu pihak adsense sangat menjaga kepercayaan dari para pengiklan, makanya mereka benar+benar menyeleksi setiap blogger atau publisher yang mengajukan monetisasi.

Kemudian jika ada pulisher atau blogger sudah memenuhi syarat akan diberikan imbalan dalam hitungan CPC dan CPM.

Konten dan Niche Apa Saja Yang Diterima Google Adsense?

Yang pertama adalah dari segi isi blog itu sendiri apakah original atau tidak, apakah melanggar kebijakan atau tidak. Yang pasti kalau Agan ingin mekonetisasi blognya pada google adsense pastikan semua isinya adalah hasil tulisan Agan sendiri.

Kalau misalkan rewrite atau mengutip dari orang lain gimana?

Kalau terpaksa mengutip artikel atau materi dari orang lain, saran saya pahami saja materi atau point pentingnya, lalu Agan bisa jabarkan dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Bagaimana kalau pakai tools biar ga kena plagiat?

Bisa saja Agan pakai tools, tp ada beberapa kekurangan. Yang pertama belum pasti mudah dipahami bahasanya karena hasil acak. Yang kedua Agan gak bisa meningkatkan pengetahuan diri sendiri. Jadi lebih baik menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri.

Lalu apa saja niche blog yang diterima google adsense?

Jawabannya adalah banyak niche yang bisa diterima adsense dengan catatan tidak melanggar pedoman komunitas. Jangan plagiat, sara, pornografi, jangan mengandung kekerasan dan hal+hal jelek lainnya.

Kapan tepat mengajukan blog pada google adsense?

Tidak ada patokan pasti sebenarnya dari pihak adsense selama ini. Ada yang baru 2 minggu sudah diterima, ada yang blog umur sebulan diterima. Tapi berdasarkan pengamatan dari percobaan saya, yang penting artikelnya sudah terindex dan tampil di search engine. Tapi ya usahakan minimal 1 bulan lah, biar sekaligus Agan menperbayak artikel, sambil cari traffic terlebih dahulu. Lebih sabar juga lebih bagus, kemungkinan diterima nya akan lebih mudah.

Bagaimana jika blognya sudah berumur beberapa bulan bahkan 1 tahun lebih namun masih ditolak? Berarti ada hal lain yang belum terpenuhi.

Berapa visitor dalam blog kita agar bisa diterima google adsense?

Lagi+lagi tidak ada patokan pasti berapa syaratnya. Yang setiap hari 10 visitorpun bisa diterima asalkan sayarat yang lain terpenuhi. Tapi alangkah lebih baik jika Agan berusaha menaikkan visitor terlebih dahulu baru diajukan google adsense. Percuma juga diterima google adsense tapi tidak ada visitor. Selain gak menghasilkan duit, kemungkinan terkena pembatasan iklan cukup tinggi.

Berapa artikel agar bisa diterima google adsense?

Secara spesifik memang tidak dijelaskan. Tapi kita menggunakan logika kita sendiri dan juga belajar dari blog lain yang sudah dimonetisasi. Logikanya jika artikel terlalu sedikit pantas gak kira+kira untuk mendapatkan penayangan iklan. Beda dengan landing page atau web generator yang gak perlu banyak halaman ditampilkan. Jika blog artikel tentu saja harus kaya dengan artikel itu sendiri. Minimal buatlah 30 artikel sebelum dijukan pada google adsens, meskipun ada 10 artikel bisa diterima, tapi balik lagi kita pertimbangkan faktor lain pada pembahasan kali ini.

Pembuatan Menu dan Navigasi Yang Jelas

Didalam penjelasan mengenai persayaratan kelayakan situs oleh google adsense salah satunya adalah navigasi yang jelas. Buatlah tampilan blog yang ramah dengan pengunjung. Navigasi yang jelas misalkan mengelompokkan artikel berdasarkan kategori dan hastagnya masing+masing. Buatlah menu bar yang simple dan mudah dipahami agar diterima oleh google adsense. Selain itu buatlah blog lebih bersih dan jangan terlalu banyak memasang widget yang kurang penting.

Berapa Lama Proses Penijauan Google Adsense

Proses peninjauan situs sendiri bervariasi, ada yang 24 jam sudah diterina, bisa beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Namun dalam keterangan pihak adsense menyebutkan "hingga 2 minggu". Artinya jika 2 minggu belum ada jawaban juga mending dibatalkan pengajuannya dan melakukan pengajuan ulang.

Macam+macam penolakan google adsense dengan pesan "Inventaris Berharga".

1. No Content

Ada kemungkinan sistem belum membaca artikel Agan, jadi pastikan semua artijel sudah terindek oleh search console atau mesin telusur. Sambil memperbaiki penolakan tentunya update terus artikel+artikel yang baru.

2. Under Contruction/Sedang dibangun

Biasanya ini terjadi pada blog baru. Bisa diperiksa pada template yang digunakan. Dan selama pengajuan jangan ganti template atau edit html karena akan terbaca kalau blog memang masih dalam proses pembuatan.

3. Melanggar Kebijakan

Biasanya ini agak sulit diterima, namun jika ingin diperbaiki coba cek konten+konten atau artikel yang Agan muat. Apakah ada judul atau banyak kata yang kurang pantas sehingga terdeteksi sebagai pelanggaran.

Selain itu juga pesan seperti ini biasa terjadi pada blog yang diindikasikan melakukan plagiarisme.

Oke Agan blogger itu tadi adalah beberapa hal yang bisa saya share terkait proses pengajuan blog pada google adsense, jika ada yang kurang bisa ditambahkan di kolom komentar, kemudian jika ada yang ditanyakan silahkan juga di kolom komentar. Terima kasih

Postingan Lainnya