Mengenal Apa Itu Tipe Kepribadian ENFJ?
Bersihkan | 0 | Bersihkan

sebarin
Monalisa 7 bulan yang lalu
monalisa #cerita

Mengenal Apa Itu Tipe Kepribadian ENFJ?

ENFJ sering kali berhasil dalam karier di mana mereka dapat membantu orang lain.

+ Pengumuman! - Pengumuman!

Ada Info Nich!

Hai Gansis! 🧑‍🦱🧑‍🦰 Yuk coba seru-seruan bareng komunitas dengan menggunakan asisten AI cerdas. Caranya sangat mudah, cukup dengan memberikan tagar dan mention [#tagargpt & @balasgpt] pada balasan Agan dan Sista di sini.

Belum punya akun? 👉 daftar 👈

25 Fitur Terbaru: Kuis AI, Pelajaran Sekolah AI, Latihan Soal AI, Jawaban Soal AI dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.


Hanya pengguna VIP yang sudah terdaftar dan memiliki akun lencana terverifikasi .


Intermezzo telah memperbaharui pada: 13:21:47 - 25/08/2023




MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. MBTI diciptakan oleh Kathrine Briggs dan Isabel Myers. MBTI adalah sebuah tes psikologi yang digunakan untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang. Dalam MBTI terdapat 16 tipe kepribadian.

Satu diantara 16 tipe kepribadian itu adalah ENFJ. Kira-kira bagaimana kepribadian dari ENFJ? Seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Lalu, prospek kerja seperti apa yang cocok dengan ENFJ? Untuk tahu lebih jauh mengenai ENFJ, simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu ENFJ?

Dikutip melalui laman Truity, ENFJ adalah kepanjangan dari Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging. ENFJ terdiri dari 4 komponen yang masing-masing mewakili kategori MBTI yang berbeda. Extraverted pada ENFJ menunjukan orang yang mendapatkan energi dengan cara berinteraksi dengan orang lain. Intuitive pada ENFJ menunjukkan seseorang yang berfokus pada ide dan konsep daripada fakta dan detail.

Feeling pada ENFJ menunjukkan seseorang yang mengambil keputusan berdasarkan perasaan. Sedangkan, Judging pada ENFJ menggambarkan seseorang yang suka merencanakan segala sesuatu daripada melakukan secara spontan. Orang dengan tipe kepribadian ENFJ sering kali digambarkan sebagai seseorang yang ramah, setia, sensitif, dan hangat. Beberapa tipe kepribadian lainnya yang cukup mirip dengan ENFJ adalah ENFP, ESFJ, INTP, ISFJ, dan INFP.

Kepribadian ENFJ

1. Berjiwa Pemimpin

Seseorang dengan tipe kepribadian ENFJ dikenal dengan jiwa kepemimpinannya. ENFJ cenderung memiliki kemampuan dalam memimpin dan membimbing orang lain untuk bekerja sama. ENFJ sering kali mendapatkan peran sebagai pemimpin. Karena memang, seorang ENFJ memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Hal lain yang membuat ENFJ ini sering memutuskan untuk menjadi pemimpin adalah karena mereka pandai dan senang bergaul.

2. Idealis

ENFJ adalah seseorang yang idealis, mereka senang mengimplementasikan visi misi mereka tentang yang terbaik bagi kemanusiaan. ENFJ cenderung memiliki prinsip yang teguh dan berpegang pada kejujuran serta kebenaran. ENFJ peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh orang lain, dan selalu melihat peluang untuk melakukan perbaikan.

ENFJ seperti memiliki tanggung jawab dalam membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik lagi.

3. Empatinya Tinggi

Kelebihan dari tipe kepribadian ENFJ adalah, memiliki rasa empati yang tinggi. Mereka cenderung merasakan apa yang orang lain tengah rasakan. ENFJ juga memperhatikan lingkungan sekitar, mereka sangat peduli dan suportif kepada orang lain. ENFJ tahu bahwa setiap orang berhak mengekspresikan diri mereka.

ENFJ merasa mendapatkan kepusan batin apabila mereka berhasil membantu orang lain. Namun, dengan karakter ENFJ yang seperti itu, mereka cenderung terlihat seperti mengorbankan diri mereka sendiri demi orang lain.

4. Senang Terlibat Masalah Orang Lain

ENFJ memiliki rasa empati yang tinggi dan akan melakukan segala cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi orang lain. Namun, hal ini justru membuat ENFJ terlihat senang dalam terlibat dengan masalah orang lain. Meskipun niat ENFJ baik, namun tidak semua orang suka orang lain terlibat dalam masalahnya.

ENFJ memiliki visi misi yang kuat, kadang membuat orang lain terasa seperti dipaksa, karena ENFJ akan terkesan mendorong visi misinya kepada orang lain.

5. Sensitif

Kepribadian ENFJ yang senang membantu ternyata tidak selalu bersambut baik. Hal inilah yang membuat seorang ENFJ merasa kesal. Apabila bantuan yang mereka tawarkan ditolak dan tidak diapresiasi, ENFJ akan merasa tersinggung dan tidak dihargai. Jika ENFJ dihadapkan pada situasi seperti itu, mereka cenderung akan memaksakan kehendaknya kepada orang lain.

Pada dasarnya ENFJ adalah pribadi yang cukup sensitif.

Kelebihan dan Kekurangan ENFJ

Sama seperti tipe kepribadian lainnya, ENFJ juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari ENFJ yang dikutip mellaui laman 16 Personalities.

Kelebihan ENFJ

  1. Reseptif dan persuasif
  2. Bisa diandalkan
  3. Karismatik
  4. Altruistik
  5. Passionate
  6. Supel
  7. Terorganisir
  8. Penuh dengan kasih sayang
  9. Mudah bergaul
  10. Berhati hangat.

Kekurangan ENFJ

  1. Tidak realistis
  2. Terlalu idealis
  3. Merendahkan orang lain
  4. Terlalu menggurui
  5. Mencari pengakuan
  6. Terlalu sensitif
  7. Senang mengorbankan diri sendiri
  8. Overprotective
  9. Manipulatif
  10. Terlalu kaku.

Bagaimana Orang Lain Menilai ENFJ?

Orang lain menilai ENFJ sebagai seorang guru. Pasalnya, ENFJ mampu mengorganisir, membimbing dan mengarahkan sekelompok orang untuk belajar dan tumbuh bersama. Orang lain menilai ENFJ sebagai sosok dengan inisiatif yang tinggi, karena mampu melihat potensi diri setiap orang.

Orang lain juga menilai ENFJ sebagai seseorang yang bersemangat ketika memimpin dan menemukan sebuah pengetahuan baru. Selain itu, ENFJ dinilai sebagai komunikator yang baik, namun mereka juga berpikir bahwa ENFJ cenderung ikut campur dalam masalah orang lain.

Karier yang Cocok Untuk ENFJ

ENFJ sering kali berhasil dalam karier di mana mereka dapat membantu orang lain. ENFJ cocok untuk berkarier dalam bidang yang melibatkan kemampuan berkomunikasi, karena mereka pandai dan senang berkomunikasi dengan orang lain. ENFJ memiliki kemampuan organisasi dan komunikasi yang kuat yang menjadikannya cocok sebagai sosok pimpinan yang dapat diandalkan.

ENFJ pandai dalam mengorganisir kegiatan dan menyelesaikan konflik yang terjadi antar individu. ENFJ selalu ebrusaha kerasa dalam menciptakan suasana yang harmonis di berbagai situasi. Bidang pekerjaan yang cocok dengan orang tipe kepribadian ENFJ adalah psikolog, guru, manajer, konselor, atau pekerja sosial.

Publik Figur Terkenal Dunia dengan ENFJ

1. Oprah Winfrey, seorang pembawa acara

2. Barack Obama, seorang Presiden Amerika Serikat

3. Peyton Manning, seorang pemain sepak bola

4. Elizabeth Bennet, seorang artis pemain Pride and Prejudice

5. Michael Jordan, seorang pemain basket.

Demikian yang dapat kami rangkum mengenai kepribadian ENFJ, kelebihan dan kekurangan ENFJ, bagaimana penilaian orang lain terhadap ENFJ, karir yang cocok untuk ENFJ, dan publik figur dunia yang termasuk dalam MBTI ENFJ. Semoga bermanfaat!

Baca artikel dan berita menarik dari Bianity lainnya di Google News.

Baca juga artikel seputar cerita, atau artikel menarik lainnya dari Monalisa.

Artikel ini telah berhasil ditayangkan sekitar: 7 bulan yang lalu. Bagaimana menurutmu gengs? apakah kamu menyukai tulisan artikel dari Monalisa? jika kamu menyukai artikel ini, silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya gengs.

Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ke medsos atau langsung klik "sebarin" ya gengs! 🫰.

×
Promosi Via Guest Post!

Buat Agan & Sista jika ingin mempromosikan produk bisnismu melalui tulisan (guest post-content placement), silahkan baca terlebih dahulu tentang aturan dan kebijakan guest post 👉 di sini 👈


+ Tim Editor - Tim Editor

Artikel dengan judul "Mengenal Apa Itu Tipe Kepribadian ENFJ?", telah berhasil dimoderasi dan lolos ditayangkan oleh tim editor.

@Derry @Borneo @Intermezzo

+ Kode Komentar - Kode Komentar

Menulis dalam syntax Tebal gunakan <strong>Bold</strong>.

Menulis dalam syntax Menggarisbawahi gunakan <u>Underline</u>.

Menulis dalam syntax Mencoret gunakan <s>Strikethrough</s>.

Menulis dalam syntax Miring gunakan <em>Emphasized</em>.

Menyisipkan tautan Link aktif gunakan tag <a href="Link" rel="dofollow">Judul</a>.

0
3.7K
Peringatan
Aturan Komentar

Dilarang mengirimkan pesan promosi, link, spam dsbg. Namun jika ingin menyisipkan link (promosi), silahkan pergi kehalaman hubungi moderator kami. Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik yang ada. Untuk informasi selengkapnya, silahkan baca aturan di sini.

[🕶️]
Rekomendasi Untuk Blogger Pemula

Rekomendasi Untuk Blogger Pemula

1690498897.jpg
Bian
6 tahun yang lalu
Kesalahan Bagi Para Jomblo Sering Susah Dapat Jodoh!

Kesalahan Bagi Para Jomblo Sering Susah Dapat Jodoh!

iconpengguna.png
Sheila
10 bulan yang lalu
YouTube Keluarkan 17 Fitur Terbaru, Tampilannya Semakin Easy and Friendly

YouTube Keluarkan 17 Fitur Terbaru, Tampilannya Semakin Easy and Frien...

iconpengguna.png
Fakhri
6 bulan yang lalu
Cara Agar Rutin PO dari AdSense

Cara Agar Rutin PO dari AdSense

iconpengguna.png
Brandon
1 tahun yang lalu
Belajar Public Speaking Bagi Pemula

Belajar Public Speaking Bagi Pemula

1691629906.jpg
Veronica
9 bulan yang lalu

Generasi Bangsa Adalah Generasi Ruang Informasi Sebagai Pembawa Pesan

ᴀʟʟ ᴀʙᴏᴜᴛ ᴛʜᴇ ɢʀᴇᴀᴛ ᴊᴏᴜʀɴᴇʏ ᴏꜰ ꜱᴛᴏʀʏ

Φʀᴜᴀɴɢ ᴋᴏᴍᴜɴɪᴛᴀꜱ ʙʟᴏɢɢᴇʀ ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀΦ
#ᴏɴʟɪɴᴇᴛᴀɴᴘᴀʙᴀᴛᴀꜱ

Jumlah Member Saat Ini: 👫114,725🧑‍🤝‍🧑

Framework & Designer



♥ The Maker & Build With ♥


©2007-2023 Bianity | Version PHP 8.2

• • •