Cara Menulis Artikel Blog Yang Seo Friendly Untuk Blogger Pemula
Bersihkan | 0 | Bersihkan

sebarin
Yudha 10 tahun yang lalu

Cara Menulis Artikel Blog Yang Seo Friendly Untuk Blogger Pemula

SEO & Backlink

+ Pengumuman! - Pengumuman!

Ada Info Nich!

Hai Gansis! 🧑‍🦱🧑‍🦰 Yuk coba seru-seruan bareng komunitas dengan menggunakan asisten AI cerdas. Caranya sangat mudah, cukup dengan memberikan tagar dan mention [#tagargpt & @balasgpt] pada balasan Agan dan Sista di sini.

Belum punya akun? 👉 daftar 👈

25 Fitur Terbaru: Kuis AI, Pelajaran Sekolah AI, Latihan Soal AI, Jawaban Soal AI dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.


Hanya pengguna VIP yang sudah terdaftar dan memiliki akun lencana terverifikasi .


Intermezzo telah memperbaharui pada: 13:21:47 - 25/08/2023




Bianity - Cara menulis Artikel di dalam blog yang SEO Friendly. Kalau bicara masalah SEO Agan pasti akan kefikiran dengan page one google dan juga masalah traffic pengunjung blog atau situs milik Agan. Ya memang benar tujuannya itu, namun menurut saya untuk mendapatkan page one google bukanlah suatu yang mudah, apalagi untuk blog baru yang masih memiliki authority yang rendah dan juga visitor yang masih sedikit.

Jadi dalam optimasi SEO itu sendiri ada banyak sekali, mulai dari dalam, dari artikel, template, gambar, susunan kata kunci, dan dari luar juga misalkan backlink, dari iklan dan masih banyak lainnya. Apakah kalau Agan sudah melakukan itu semua dijamin bisa page one? Belum tentu, gak ada jaminan, tapi ada kemungkinan. Bisa penuh itu page one kalau setiap orang yang mengoptimasi bisa page one, hlah di page one aja paling muat 8 judul kan? Masak iya page one mau ditempati ratusan judul.

Jadi fokusnya nikmati proses saja, kalau punya banyak artikel yang sudah dioptimasi pastinya lama kelamaan bisa meningkatkan visitor juga, karena semuanya butuh proses, apalagi untuk blog baru.

Cara Menulis Artikel Blog Yang Seo Friendly

Untuk penulisan dalam sebuah blog yang paling SEO adalah yang memenuhi beberapa unsur dan juga kandungan konten itu sendiri, lengkap atau tidak, berbobot atau tidak dan masih banyak lagi faktor lainnya. Saya akan coba berikan beberapa point penting dari segi penulisan artikel yang mendukung SEO Agan jadi lebih maksimal, antara lain sebagai berikut:

1. Jumlah Kata Dan Bermanfaat

Jumlah kata sangat berpengaruh dalam SEO, Agan coba bisa cek dengan kata kunci yang Agan mau, Agan klik di search engine dan coba teliti artikel+artikel yang ada di page one. Kebanyakan artikel+artikel tersebut adalah artikel pilar yang mempunyai kata yang cukup banyak dan juga Panjang.

Jadi Agan bisa memperhatikan jumlah kata yang Agan tulis. Ya minimal gunakanlah 600 kata keatas. Dengan 600 kata keatas minimal akan memiliki bobot yang cukup. Kemudian dari segi peletakan iklan pun juga akan lebih leluasa pastinya jika memiliki artikel yang banyak kata di dalamnya.

Selain itu dengan artikel yang ada banyak kata didalamnya, artinya artikel tersebut memiliki pembahasan yang dalam dan juga lengkap. Contohnya banyak yang bisa page one dengan artikel pilar diatas 1500 atau bahkan diatas 2000 kata dengan beberapa artikel tambahan sebagai artikel pendukung untuk artikel pilar tersebut.

Kemudian yang gak kalah penting adalah memberikan manfaat dan tujuan yang jelas di dalam pembahasan sebuah artikel tersebut. Percuma juga kan kalau misalkan nulis 2000 kata tapi pembahasan diulang+diulang apalagi sampai ke hal yang gak masuk akal atau tidak bermanfaat, jadi kedua hal tersebut tentunya harus seimbang, ini penting untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung selain dari segi SEO.

2. Penggunaan Fungsi Heading

Heading ini fungsinya adalah pengelompokan pembahasan dan juga point spesifikasi. Misalkan saja saya memberikan heading 2 pada judul dan heading 3 pada point+point pembahasan pada artikel kali ini. Karena memang susunan antara judul dan penjelas judul bisa dimaksimalkan dengan penggunaan heading.

Alangkah lebih maksimal sebenarnya jika menggunakan semua heading agar artikel seo friendly. Tapi jika pembahasan nya Panjang dan memungkinkan. Kalau pembahasan sedang atau pendek ya minimal gunakan saja heading 2 dan heading 3 untuk melakukan penegasan mana judul dan mana point+point penjelasan dari sebuah judul. Lebih bagus lagi jika Agan membuat sebuah artikel yang bisa memanfaatkan fungsi urutan nomor numeric, point+point dan fungsi yang lainnya. Semua fungsi itu kan dibuat untuk dipakai, kalau gak dipakai atau gak berguna ngapain dibuat?

3. Peletakan Maksud Dan Kata Kunci

Inti dari pembahasan dari artikel yang Agan buat itu membahas tentang apa dan Agan bisa letakkan kata kunci didalamnya. Terutama adalah pada paragraph pertama. Kemudian letakkan juga ditengah atau paragraf kedua juga bisa, dan yang kalah penting adalah pada penutup atau paragraph terakhir.

Kalau Agan ingin menyesuaikan dengan trend berarti bisa mencari kata kunci sesuai dengan trend, bisa menggunakan google trend, ubbersugest dan juga yang lainnya sebagai saran untuk Agan akan menggunakan kata kunci apa. Dengan begitu Agan akan membuat artikel yang lebih sesuai dengan kebanyakan orang mencari di search engine.

Kalau saya pribadi sebenarnya cukup malas melakukan hal tersebut, karena saya lebih megikuti mood daripada trend, tapi semua itu terserah Agan sendiri sih. Kalau mau artikel lebih seo friendly ya sebisa mungkin untuk menyesuaikan traffic dari search engine itu sendiri.

4. Penggunaan Link Internal dan Link Eksternal

Untuk memperkuat sebuah artikel Agan bisa menggunakan link eksternal menuju sebuah situs besar pada beberapa kata yang ada pada artikel yang Agan buat. Misalkan saja memberikan link pada situs Wikipedia atau situs besar lainnya pada beberapa kata yang menurut Agan memiliki makna tertentu.

Kemudian jangan lupa juga untuk membuat link internal menuju artikel yang lain. Dengan begitu akan membuktikan pada google bahwa artikel yang Agan buat dalam sebuah blog akan memiliki keterkaitan dan juga memiliki sebuah blog yang saling menjelaskan dan tentunya blog Agan akan dinilai search engine sebagai blog yang padat dan berkualitas.

5. Penggunaan Gambar Dalam Artikel

Gambar dalam sebuah artikel sebenarnya bukan Cuma sebagai pemanis saja. Namun di dalam gambar yang Agan upload itu kan ada properties nya dan Agan bisa menambahkan keterangan atau kata kunci pada gambar yang Agan upload agar artikel Agan menjadi lebih seo friendly.

Tapi jangan berlebihan pula dalam menggunakan gambar untuk sebuah artikel. Misalkan sebuah artikel yang memiliki Panjang 500 kata ya minimal gunakan satu buah gambar penjelas dan jangan berlebihan.

6. Jangan Terlalu Sering Mengulang Kata Atau Kalimat Yang sama

Terkadang seseorang ingin menunjukkan kepada search engine mengenai maksud tertentu sehingga dia mengulang+ulang kata atau kalimat tersebut. Jangan salah, karena itu malah akan terlihat sebagai spamming dan tidak bermanfaat.

Jadi gunakanlah kalimat judul dan kalimat penjelas seperlunya saja. Karena kalau terlalu banyak akan merusak inti dari artikel itu sendiri.

7. Membuat banyak Artikel Dalam Sebuah Blog

Coba Agan terus melakukan update artikel pada blog Agan. Dan meskipun Agan tidak memperhatikan SEO sekalipun tapi kalau Agan setidaknya memiliki 1000 judul artikel pada sebuah blog yang Agan buat secara tidak sadar traffic akan naik sendiri seiring semakin banyak artikel yang Agan buat.

Apakah itu takdir? Apakah itu sebuah kebetulan? Tentu saja bukan, lagian buat artikel kan gak ada hubungannya dengan takdir, wkwkwk. Itu tanda bahwa search engine dan google sudah mulai percaya dengan artikel+ artikel dalam blog Agan. Dengan dua syarat utama yakni artikel yang original dan bermanfaat. Kalau gak percaya coba saja menulis artikel yang bemanfaat sebanyak 1000 judul atau lebih dalam blog Agan dengan masing+masing artikel minimal 500 kata, traffic Agan akan naik. Buktikan saja sendiri.

OKe Agan karena jari+jari saya sudah mulai pegal jadi saya sudahi saja. Mudah+mudahan saja artikel ini juga termasuk dalam cara membuat artikel yang seo friendly sesuai judulnya. Tapi kalaupun tidak, yang penting kita sudah niat berbagi sebuah manfaat. Dan itu tidak ada ruginya, terima kasih.

Baca artikel dan berita menarik dari Bianity lainnya di Google News.

Baca juga artikel seputar seo-backlink, atau artikel menarik lainnya dari Yudha.

Artikel ini telah berhasil ditayangkan sekitar: 10 tahun yang lalu. Bagaimana menurutmu gengs? apakah kamu menyukai tulisan artikel dari Yudha? jika kamu menyukai artikel ini, silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya gengs.

Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ke medsos atau langsung klik "sebarin" ya gengs! 🫰.

×
Promosi Via Guest Post!

Buat Agan & Sista jika ingin mempromosikan produk bisnismu melalui tulisan (guest post-content placement), silahkan baca terlebih dahulu tentang aturan dan kebijakan guest post 👉 di sini 👈


+ Tim Editor - Tim Editor

Artikel dengan judul "Cara Menulis Artikel Blog Yang Seo Friendly Untuk Blogger Pemula", telah berhasil dimoderasi dan lolos ditayangkan oleh tim editor.

@Derry @Borneo @Intermezzo

+ Kode Komentar - Kode Komentar

Menulis dalam syntax Tebal gunakan <strong>Bold</strong>.

Menulis dalam syntax Menggarisbawahi gunakan <u>Underline</u>.

Menulis dalam syntax Mencoret gunakan <s>Strikethrough</s>.

Menulis dalam syntax Miring gunakan <em>Emphasized</em>.

Menyisipkan tautan Link aktif gunakan tag <a href="Link" rel="dofollow">Judul</a>.

0
52.7K
Peringatan
Aturan Komentar

Dilarang mengirimkan pesan promosi, link, spam dsbg. Namun jika ingin menyisipkan link (promosi), silahkan pergi kehalaman hubungi moderator kami. Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik yang ada. Untuk informasi selengkapnya, silahkan baca aturan di sini.

[🕶️]
Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mitsubishi Xpander

Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mitsubishi Xpander

iconpengguna.png
Brandon
6 bulan yang lalu
Perjalanan Dibalik Ponpes Al Azaytun

Perjalanan Dibalik Ponpes Al Azaytun

iconpengguna.png
Gusti
9 bulan yang lalu
Harga Mobil Mercedes Benz CLA-Class Beserta Spesifikasinya

Harga Mobil Mercedes Benz CLA-Class Beserta Spesifikasinya

iconpengguna.png
Brandon
6 bulan yang lalu
🧒 Mark Zuckerberg vs Elon Musk 🧑

🧒 Mark Zuckerberg vs Elon Musk 🧑

iconpengguna.png
Andromeda
7 bulan yang lalu
7 Cara Meningkatkan Traffic Website

7 Cara Meningkatkan Traffic Website

iconpengguna.png
Boggy
4 tahun yang lalu

Generasi Bangsa Adalah Generasi Ruang Informasi Sebagai Pembawa Pesan

ᴀʟʟ ᴀʙᴏᴜᴛ ᴛʜᴇ ɢʀᴇᴀᴛ ᴊᴏᴜʀɴᴇʏ ᴏꜰ ꜱᴛᴏʀʏ

Φʀᴜᴀɴɢ ᴋᴏᴍᴜɴɪᴛᴀꜱ ʙʟᴏɢɢᴇʀ ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀΦ
#ᴏɴʟɪɴᴇᴛᴀɴᴘᴀʙᴀᴛᴀꜱ

Jumlah Member Saat Ini: 👫114,725🧑‍🤝‍🧑

Framework & Designer



♥ The Maker & Build With ♥


©2007-2023 Bianity | Version PHP 8.2

• • •